Manfaat ber – Imunisasi

Saya termasuk ibu pro-imunisasi. Saya percaya dengan imunisasi, kita sebetulnya sedang berinvestasi dengan melindungi kesehatan. Tahu sendiri kan biaya pengobatan dan perawatan jaman sekarang ūüėÄ Jadi prinsip saya lebih baik mencegah daripada mengobati. Toh kalau kita sehat, hidup pun terasa lebih nyaman.

Pernah suatu waktu saya menonton Law and Order SVU dengan kasus bayi meninggal setelah bermain di taman bermain umum karena di dekatnya ada anak kecil yang tidak diberi imunisasi. Dari sisi korban, mereka menyalahkan sang ibu dari anak kecil itu karena tidak mau memberikan imunisasi kepada anaknya. Dari sisi tersangka, yaitu si ibu itu, dia percaya bahwa imunisasi tidak berguna, hanyalah rekayasa bisnis demi mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. Toh, anaknya pun tidak menderita sakit.

Tayangan itu membuat saya berpikir. Kalau saya sih, jelas pro-imunisasi. Mungkin ada baiknya kita tahu manfaat imunisasi sehingga kita punya keyakinan dan kemantapan dalam diri.

Berikut beberapa manfaat imunisasi yang saya dapatkan dari Website Ayahbunda :

  • Imunisasi menyelamatkan jiwa bayi.¬†Aneka penyakit berbahaya dan mematikan, berkat perkembangan teknologi vaksinasi,¬† telah dieliminasi dan dibasmi. Contohnya polio di Amerika Serikat. Penyakit penyebab kelumpuhan dan kematian¬†bayi¬†serta anak-anak itu, telah musnah di AS ditandai dengan tidak ada lagi kasus polio yang dilaporkan.
  • Imunisasi aman dan efektif.¬†Seluruh jenis¬†imunisasi¬†bayi¬†dan anak dihasilkan lewat¬† pengujian yang penuh kehati-hatian selama¬† bertahun-tahun dengan melibatkan ilmuwan, dokter dan tenaga medis profesional. Beberapa vaksinasi memang menimbulkan efek samping tidak nyaman seperti nyeri, merah atau bengkak, namun sangat minimal dan tidak ada artinya dibanding bila¬†bayi¬†terjangkit penyakit berbahaya yang hendak dicegah. Uji komprehensif yang dilakukan para ahli, termasuk American Academy of Pediatrics, telah menetapkan tidak ada hubungan antaraimunisasi¬†dengan autisme.
  • Imunisasi tak hanya melindungi¬†bayi¬†Anda, juga¬†bayi¬†dan anak lain.¬†¬†Bayi-bayi yang mengidap alergi atau tengah menjalani pengobatan, tidak dapat diimunisasi sehingga rentan terjangkit penyakit. Penting bagi bayi-bayi yang sehat untuk diimunisasi agar tidak menjadi sumber atau perantara penyakit yang dapat menyebar dan membahayakan si kecil yang kurang beruntung.
  • Imunisasi menghemat waktu dan uang.¬†Bayi¬†yang¬† terjangkit penyakit berbahaya akan menyita waktu, tenaga dan uang orangtuanya.¬† Si Kecil¬† juga akan kehilangan waktu berharga yang dapat ia gunakan untuk tumbuh dan berkembang.
  • Imunisasi melindungi generasi¬† masa depan.¬†Vaksinasi terbukti telah mengurangi dan memberantas sejumlah penyakit berbahaya dari muka bumi.¬†¬†Imunisasi¬†bayi¬†kita sekarang, maka di masa depan akan bertambah lagi daftar penyakit yang musnah. Kita telah ikut menyelamatkan generasi masa depan.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s