Enaknya jadi orang tua jaman sekarang

mommy's hug

Sebagai orang tua ‘baru’, yang baru 4,5 bulan lalu mempunyai anak, banyak hal yang harus saya dan keluarga pelajari. Mulai dari bagaimana cara memberikan ASI, bagaimana memanajemen laktasi, pro kontra popok vs pampers, memperhatikan tumbuh kembang anak sesuai umur, waspada virus dan bakteri penyebab penyakit…wah pokoknya banyak…serasa kaya kuliah seumur hidup deh. Tapi ga ada kurikulumnya, banyak praktek lapangannya dan ujiannya pun lebih ke arah open book hehehe…Nilai ujiannya? ya diserahkan ke si anak itu sendiri πŸ™‚

Saya patut memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap banyaknya pengelola situs, grup, dan mailing list yang menyediakan informasi mengenai kehamilan dan pertumbuhan bayi dan anak yang bisa saya akses di dunia maya. Bisa dibilang, apapun pertanyaan saya, pada umumnya saya bisa mendapatkan pencerahan, hasil dari googling.

Saya juga ingin memberi salut kepada penemu/penginovasi :

1. Mesin pompa ASI. Tanpa itu, mungkin proses laktasi akan terganggu karena kewajiban saya yang beberapa kali harus ke luar kota.

2. Pampers. Karena anak saya bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, menghemat cucian saya πŸ™‚

3. Stroller. Dengan stroller, saya bisa ‘menghemat’ punggung dan pundak saya akibat terlalu banyak menggendong.

4. Mainan edukasi bayi. Tentu saja untuk merangsang indera anak saya. Selain itu juga membantu saya meredakan kerewelan anak saya manakala dia mulai merasa bosan.

Well, sebetulnya masih banyak lagi yang patut saya beri kredit atas usahanya meringankan peran orang tua seperti saya ini.

Oh ya, mungkin sejak saat ini saya akan banyak re-blog artikel-artikel tentang pertumbuhkembangan bayi dan anak, yang tentu saja sudah saya baca dan aplikasikan, jadi ga sekedar re-blog aja. I think it would be nice to spread good news and information πŸ™‚

2 responses to “Enaknya jadi orang tua jaman sekarang

Leave a Reply

