Tips cari kerja part time sewaktu belajar di luar negeri

Hehehe judulnya panjang ya…habis mau cari judul yang ringkas kok ga nemu yang pas.
Yup, saya mau berbagi nih soal bagaimana mencari pekerjaan sewaktu belajar di luar negeri (part time lho ya…kan masih jadi student).

Sehubungan dengan artikel saya sebelumnya mengenai Belajar Sambil Bekerja, saya sudah mengungkapkan berbagai faktor yang patut dipertimbangkan dalam memilih pekerjaan. Nah kali ini khusus tips mengenai pencarian pekerjaan nya. Berikut beberapa tips nya:

1. Lowongan dari internet
Sebagai negara maju, informasi lowongan pekerjaan banyak terdapat di internet. Anda bisa mulai dengan meng-googling nya. Biasanya ada beberapa situs yang memang mengkhususkan diri untuk mengiklankan lowongan.

2. Lowongan dari media cetak
Seperti layaknya di Indonesia, banyak lowongan yang bisa dilihat di media cetak, baik koran yang harus anda beli atau koran gratisan. Biasanya sih koran berbayar punya hari khusus di mana ada halaman yang penuh dengan lowongan pekerjaan, contohnya koran terbitan weekend.

3. Lowongan dari kampus
Sebagai pelajar, kita pasti sering ke kampus kan? Nah coba deh amati setiap papan pengumuman nya. Suka ada lowongan-lowongan yang biasanya khusus buat pelajar (makanya dipasang di kampus, biar tepat sasaran 🙂 ).

4. Lowongan dari dosen
Sebagai seorang peneliti, dosen biasanya butuh bantuan tenaga untuk memperlancar pekerjaannya. Bisa menjadi asisten praktek, pengawas dan atau penilai ujian undergrad, atau menjadi tenaga lapangan.

5. Lowongan dari organisasi profesi
Sebagai pelajar, tidak ada salahnya anda bergabung dengan organisasi profesi. Selain untuk menambah pengalaman dan memperluas networking, siapa tahu anda bisa mendapatkan informasi pekerjaan dari sini. Rajin-rajinlah ikut meeting nya dan gabung di milis mereka.

6. Lowongan dari teman
Nah kalau ini biasanya tipe dari mulut ke mulut. Jangan salah lho, ada beberapa perusahaan yang lebih nyaman mencari pegawai dengan cara spread the words. Karena mereka berpikir bahwa teman yanv berada di lingkaran nya pegawai mereka biasanya sudah terseleksi secara alami menjadi tipe yang mereka inginkan atau butuhkan. Biasanya tipe pekerjaan seperti ini, anda akan butuh rekomendasi dari orang dalam.

Nah itu dia beberapa contoh sumber informasi lowongan pekerjaan part time yang bisa anda dapatkan.

Happy hunting!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s