Travel Writing: Fireworks Vantage Points in Sydney

31589_491811260842325_1225377608_n

 

 

Photo 12-01-13 22 02 24

 

Belum ada ide untuk merayakan Tahun Baru? Bagaimana dengan melihat pesta kembang api terbesar di dunia yang diselenggarakan di Sydney, the New Year’s Eve Capital of the World? Mata anda akan dimanjakan dengan suguhan ciamik dari 7 titik kembang api sepanjang Sydney Harbour.

Untuk memaksimalkan kepuasan dalam melihat kembang api ini, perlu persiapan yang matang karena dipastikan anda akan bergabung dengan minimal 1,5 juta pengunjung lainnya. Jika anda tidak ingin kebingungan karena salah posisi, berikut adalah 3 best spots / vantage points untuk melihat pertunjukan spektakuler tersebut:

 

Photo 12-01-13 22 02 39

1.       Circular Quay Promenade

 

Circular Quay merupakan hub di Sydney yang selalu ramai dengan nafas metropolitan yang kental. Tak heran lokasi ini menjadi vantage point yang paling populer karena paling dekat dengan Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Pemandangan pertunjukan kembang api akan lebih fantastis dengan adanya ke dua landmark Sydney tersebut sebagai backdrop. Selain itu, dengan tidak adanya entry fee dan merupakan area bebas alkohol, menjadikan lokasi ini menarik banyak turis untuk datang.

Pada saat Tahun Baru, lokasi ini akan dibatasi oleh pagar-pagar yang terbagi dalam gate di mana setiap pintu gate akan dijaga oleh beberapa polisi. Sebelum memasuki gate, polisi akan memeriksa tas dan barang bawaan untuk memperketat keamanan.

Sehubungan dengan kepopulerannya, vantage point ini merupakan lokasi yang paling cepat penuh sehingga pengunjung tidak bisa masuk begitu kapasitas jumlah pengunjung sudah tercapai. Biasanya lokasi ini akan ditutup sekitar jam 5 atau 6 sore. Pengunjung yang tidak bisa masuk ke point ini biasanya akan memilih duduk-duduk di jalanan sambil menikmati street performance.

Sebaiknya datang pagi-pagi untuk mendapatkan tempat terbaik. Jika ingin mengabadikan momen, lebih baik mendekati air karena biasanya pada saat mendekati pertunjukan kembang api, kerumunan orang yang mulanya duduk-duduk tertib di spot nya masing-masing akan berdiri dan bergerak mendekati air.

Jangan lupa bawa tikar atau foldable chair (beach chair) serta makanan dan minuman. Untuk membunuh waktu, lakukan aktivitas yang bisa dilakukan di tempat seperti main game, membaca buku atau mendengarkan musik. Pastikan anda tidak akan bosan dalam menunggu.

Disarankan untuk menggunakan transportasi umum daripada membawa kendaraan pribadi sebab tidak ada tempat parkir. Satu lagi kelebihan vantage point ini, karena berperan sebagai hub, terdapat lebih banyak pilihan jenis transportasi daripada vantage point lainnya.

 

Alamat: Main Promenade, George St, Sydney, 2000 (The Rocks)

Kapasitas: 4.000 orang

Jam buka: 30/12/2012 12.00am to 02/01/2013 12.00am

Entry fee: No entry fee (free)

Getting There with Public transport:

Trains: Circular Quay & Wynyard

Buses: Wynyard

Ferry: Harbour City Ferries

 

2.       Mrs Macquaries Point

 

Mrs Macquaries Point berada dalam wilayah Sydney Royal Botanic Gardens di sebelah timur Sydney Opera House. Vantage point ini merupakan favorit para fotografer karena bisa mengabadikan atraksi kembang api dengan Opera House, city skyline, Sydney Harbour dan Bridge nya sebagai backdrop yang sempurna. Bagi yang pernah melihat foto event NYE di Sydney di media massa, pada umumnya diambil dari lokasi ini.

Walaupun lokasi ini free alias tidak dipungut entry fee, lokasi ini bukan merupakan area bebas alkohol sehingga akan menjadi kurang ramah bagi yang membawa anak-anak. Jika anda datang bersama keluarga lebih baik memilih vantage point no 1 atau 3.

Lokasi ini juga akan dibatasi oleh pagar-pagar dengan polisi yang berjaga-jaga di tiap pintu masuk. Biasanya pengunjung akan mulai berdatangan dari pagi, jadi datanglah lebih awal supaya mendapatkan lokasi terdepan dan yang dekat dengan air. Pastikan jangan sampai pandangan terhalang dengan pohon-pohon besar yang banyak terdapat di sini. Sama dengan vantage point no 1, jika kapasitas pengunjung sudah tercapai, maka lokasi ini akan ditutup.

Oleh karena bukan kawasan bebas alkohol, biasanya semakin malam akan semakin banyak orang yang bertingkah aneh-aneh. Tapi jangan khawatir, akan ada banyak polisi yang berpatroli di kawasan ini. Mereka akan memberikan perhatian ekstra ke kawasan yang memperbolehkan minuman alkohol.

Pengunjung diperbolehkan membawa payung kecil dengan tinggi kurang dari 50 cm dan keranjang kecil (untuk membawa makanan dan minuman serta perlengkapan lain) untuk masuk ke lokasi ini. Oh ya, pastikan anda membawa cash karena tidak ada fasilitas ATM, EFTPOS dan kartu kredit yang tersedia. Di sini juga tidak tersedia parkir, maka direkomendasikan untuk naik kendaraan umum.

 

Alamat: Mrs Macquaries Road, Sydney, 2000

Kapasitas: 17.000 orang

Jam buka: 31/12/2012 10am to 01/01/2013 12.30am

Entry fee: No entry fee (free)

Getting There with Public transport: most recommended by train

 

Photo 12-01-13 22 03 26

3.       Blues Point Reserve

 

Vantage point ini merupakan salah satu taman yang popular di Sydney karena menawarkan pemandangan kota dengan gedung-gedung pencakar langitnya, Taman hiburan Luna Park, Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Hanya saja, berbeda dengan vantage point 1 dan 2, Sydney Harbour Bridge akan terlihat utuh oleh karena kita berada sejajar dengan center nya. Sedang Sydney Opera House akan kelihatan lebih kecil dari sudut pandang ini dan berada di belakang jembatan.

Seperti no 1, selain tidak ada entry fee, vantage point ini family friendly dan bebas alkohol, jadi ramah terhadap pengunjung yang membawa keluarga. Bagi anak-anak, mereka akan senang menghabiskan waktu di sini karena terdapat playground bertema maritim yang dirancang supaya bisa membaur dengan lingkungan sekitarnya.

Vantage point inipun juga diatur dengan pagar-pagar pembatas dan dijaga oleh polisi. Dengan lokasi berupa taman, terdapat area rerumputan dan pohon-pohon di mana ukurannya tidak sebesar di vantage point no 2, sehingga jarak pandang kita lebih jauh. Plusnya lagi, tempat ini relatif tidak cepat penuh terisi daripada vantage point no 1 dan 2. Tetapi tetap saja, pastikan datang sebelum jam 5 sore untuk mendapatkan tempat yang terbaik.

Sama dengan vantage point yang lain, direkomendasikan untuk naik kendaraan umum karena tidak tersedia tempat parkir.

 

Alamat: Blues Point Road, McMahons Point, 2060

Kapasitas: 12.000 orang

Jam buka: 31/12/2012 12.00 PM to 01/01/2013 12:30AM

Entry fee: No entry fee (free)

Getting There with Public transport: Train: North Sydney Station

 

(Dipublikasikan di Majalah Travelling ‘Getaway’ Indonesia edisi Desember 2012).

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s