Memperkenalkan Kebudayaan Indonesia

Sebagai pelajar yang sedang merantau di luar negeri, seringkali saya ditanya ‘dari mana kamu berasal’, ‘letak negara kamu itu di mana’, atau ‘apa yang terkenal di negara kamu’. Sebetulnya jawabannya sih gampang, pakai aja key word ‘Bali’…pasti mereka tahu, lain ceritanya kalau kita bilang ‘Indonesia’…biasanya mereka masih mengerutkan dahi 😀 Ternyata memang terkadang ‘Bali’ masih lebih populer daripada ‘Indonesia’.

Untuk itu, saya termotivasi sekali dalam memeriahkan acara-acara kebudayaan Indonesia. Bagi saya, walau saya bukan penari ataupun penyanyi (profesional), paling tidak saya sudah mencoba melakukan ‘sesuatu’ (saya pernah menulis hal serupa di https://pipietlarasatie.wordpress.com/2012/01/15/terpaksa-menjadi-duta-pariwisata/ ,artikel yang berisi kegiatan-kegiatan saya di bidang kebudayaan selama awal tahun 2011 ).

Saya menuliskan artikel-artikel mengenai hal ini, lebih supaya ingin membuat teman-teman kolega saya, baik yang jauh maupun yang dekat, untuk mari bersama-sama dapat mengenalkan kebudayaan Indonesia. Yah paling tidak, jangan sampai kalah dengan K-Pop lah 😀 Apalagi karena kebudayaan kita sudah terkenal sejak lama, walau baru mencuat sebagai kebudayaan suatu daerah tertentu saja, misal kebudayaan Balinya saja atau Papuanya saja. Malam ini, waktu saya dan teman-teman karib saya menempelkan poster undangan Public Seminar Wakil Rektor IPB, Prof. Hermanto Siregar, ke berbagai area di kampus saya, saya sempat membaca ada pertunjukan School of Music mengenai Balinese Gamelan. Sungguh saya terharu, sekaligus tersipu…Sudahkah saya berbuat sesuatu untuk negara saya??? Pertanyaan retorika yang hanya bisa dijawab oleh waktu 🙂 Jadi, berikut adalah beberapa acara kebudayaan yang saya ikuti secara aktif dari tahun 2011, semoga bisa menginspirasi…

Foto 1. Menyanyi medley lagu-lagu tradisional di acara Kongres Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Selandia Baru I, Wellington, 26 Maret 2011.

Foto 2. Menari Tarian Saman di acara Kongres Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Selandia Baru I, Wellington, 26 Maret 2011.

Foto 3. Memeriahkan acara International Night di Lincoln University, Canterbury, 17 September 2011 dengan meramaikan stand Indonesia dan menari Tarian Poco-poco.

Foto 4. Menjadi MC di Pesta Kampung memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 66 di Christchurch, 18 September 2011.

Foto 5. Menari Tarian Sajojo di New Zealand Aid Night, University of Canterbury, September 2011.

Foto 6. Bangga memakai baju batik dalam perkuliahan untuk memperingati Batik Day di University of Canterbury, 2 Oktober 2011.

Foto 7. Meramaikan stand Indonesia di acara Culture Galore, Christchurch, 10 Maret 2012.

Foto 8. Memakai kostum penari Bali modern di acara Indonesian Movie Goes To Campus, University of Canterbury, 1 Juni 2012 (Photographed by Yehezkiel Harjanto).

Foto 9. Mempresentasikan hasil penelitian sementara di acara Indonesian Student Conference, University of Canterbury, 2 Juni 2012 (Photographed by Adriana Sau).

TO BE CONTINUED …

Leave a Reply

