Mudahnya mengurus ijin penelitian di Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah

Sehubungan dengan penelitian yang harus saya lakukan untuk menulis tesis, saya harus mengurus ijin penelitian terlebih dahulu. Sesuai prosedur, ijin tersebut bisa saya peroleh di Badan Kesbangpol dan Linmas.

Berikut adalah aturan yang menjadi dasar untuk mengurus ijin penelitian yang saya peroleh dari http://www.magelangkab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=674%3Apersyaratan-permohonan-ijin-surveyrisetkklpkl&catid=97%3Aberitalinmas&Itemid=221

Dasar :

  1. Keputusan Mendagri Nomor 61 tahun 1983 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelaksanaan Penelitian dan Pengembangan di Lingkungan Depdagri.
  2. Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 070/263/2004.
  3. Surat Edaran Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah Nomor 070/265 perihal Penyederhanaan Prosedur Permohonan Riset, KKN, PKL di Jawa Tengah.

Syarat :

1.      Untuk permohonan survey/riset/penelitian dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah  dengan peneliti yang juga berasal dari wilayah Jawa Tengah :

  • Permohonan dari Universitas atau Lembaga Peneliti Negeri atau Swasta;
  • Proposal Penelitian;
  • Fotocopy Identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/KTM).

2.      Persyaratan permohonan ijin survey/riset/penelitian Lintas Provinsi :

  • Surat Pengantar dari provinsi asal : Ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah c.q. Kepala Badan Kesbang Pol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah;
  • Proposal Penelitian;
  • Fotocopy Identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/KTM).

3.      Untuk Lembaga/Peneliti Asing :

  • Rekomendasi dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik;
  • Proposal Penelitian;
  • Fotocopy Paspor / Visa;
  • Surat dari LIPI;
  • Surat dari Mabes Polri.

Untuk kelancaran pengurusan, Yang Bersangkutan mohon datang sendiri (Apabila tidak dapat datang sendiri supaya dilengkapi dengan Surat Kuasa).

Karena saya berasal dari Jawa Tengah dan mendapatkan surat  ‘Tugas Belajar’ dari Gubernur Jawa Tengah, saya langsung menuju ke Kantor Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah yang terletak di Jl. Ahmad Yani no 160 Kota Semarang. Sebelum pergi, saya menyempatkan diri untuk menelpon kantor tersebut menanyakan mengenai syarat-syarat yang harus saya bawa, walaupun sebelumnya saya sudah browsing dan menemukan link di atas. Saya ingin memastikan bahwa saya sudah membawa semua persyaratan dalam mengurus ijin penelitian. Kantor tersebut dapat dihubungi di 024 8414205.

Bagi yang menggunakan jasa kendaraan umum dari arah selatan, lebih baik turun sebelum masuk pintu tol Sukun dan ganti angkot oranye jurusan Banyumanik-Johar (angkot dengan moncong). Jangan naik angkot ini dari terminal Banyumanik, karena biasanya angkot tersebut akan ngetem dalam waktu yang lumayan lama. Lebih baik menyetop angkot yang sedang melaju.

Dengan angkot ini berhenti di Pasar Peterongan (tarif Rp 3.000) lalu ganti angkot oranye ke Simpanglima. Dengan angkot ini turun di Matahari Simpanglima (tarif Rp 2.500). Nah dari sini, kantor Badan Kesbangpol dan Linmas hanya berjarak kurang dari 500 m, jadi terserah apakah anda mau melanjutkan dengan angkot oranye C8 atau mau jalan kaki (seperti saya yang sambil berolahraga 😀 ).

Masuk melalui pintu utama kantor, belok ke kanan sampai mentok, anda akan menemui pintu dengan tulisan ‘Ijin Penelitian”. Masuk ke ruangan tersebut dan menghadap petugas yang akan meminta dan mengecek persyaratan yang anda bawa. Isi buku pendaftaran dan tunggu surat anda selesai.  Tidak sampai 10 menit, surat ijin penelitian sudah sampai di tangan anda. Jangan lupa cek kembali surat tersebut dan pastikan tidak ada salah ketik nama atau ada instansi yang belum tercantumkan.

Saya merasakan sangat mudahnya mengurus ijin penelitian ini. Salut kepada Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah.

Advertisements

4 responses to “Mudahnya mengurus ijin penelitian di Badan Kesbangpol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah

  1. Ysh Mbak Pipiet,
    Perkenalkan saya Asdani, saya juga PNS tapi di lingkungan Pemkot Semarang. Baru2 lalu saya mencoba aplikasi beasiswa NZAS untuk PHd, saya memakai TOEFL IBT yang (cuma) cukup dan lebih beberapa point dari syarat minimal aplikasi beasiswa. Tetapi masih kurang banyak untuk di Waikato.
    Oh iya, mbak Pipiet dinas dimana?
    Makasih atas sharingnya, semoga saya memiliki keberuntungan..
    Saya berpikir Jateng butuh banyak orang seperti Mbak Pipiet, meskipun kadang birokrasi disini susah untuk memberikan ijin pengembangan diri semacam sekolah.
    Salam..

    • Yth Pak Asdani,

      Salam kenal ya Pak, terimakasih sudah mampir di blog saya ini 🙂
      Saya ditempatkan di Dinas Kehutanan Prov. Jateng, Pak. Kalau Bapak berdinas di mana?

      Wah, terimakasih ya Pak atas ‘pujiannya’…semoga keadaan birokrasi tersebut dapat berubah ke arah yang lebih positif 🙂
      Semoga sukses ya Pak dengan aplikasi nya, silakan japri saya kalau misalnya hendak bertukar pikiran lebih lanjut.

      Salam,
      Pipiet

  2. Halo Mbak Pipiet,

    Salam kenal. Nama saya Andryan, saat ini kuliah di Massey University, Palmerston North.
    Saya bisa minta alamat emailnya? saya mau tanya tentang proses perijinan di Kesbanglinmas jawa tengah. karena saya juga perlu mengurus perijinan di sana.
    Terima kasih

    • Halo Pak Andryan,

      Proses perijinannya mudah saja kok Pak. Silakan saja lengkapi persyaratannya dan datang ke kantor Kesbanglinmas Jateng di Semarang. Tidak perlu menunggu lama, surat ijin tersebut sudah bisa kita dapatkan.

      Semoga sukses ya Pak.

      Salam,
      Pipiet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s