Nonton film Indonesia THE RAID / SERBUAN MAUT di bioskop New Zealand

Hari ini, Selasa, adalah waktu no-mat (nonton hemat) di New Zealand. Sebagai seorang student dengan stipend yang pas-pasan, menonton film di bioskop bagi saya adalah sebuah kemewahan 😀 Oleh karenanya saya sangat selektif memilih film untuk ditonton.

Ketika saya mendengar kabar ada sebuah film Indonesia diputar di jaringan bioskop terkemuka di New Zealand (http://www.hoyts.co.nz/Movies/Details/Raid_The.aspx), langsung saya tertarik. Pasti film ini termasuk istimewa.

Dan benar, ketika saya ‘berkonsultasi’ dengan mbah Google dan om Wiki, film ini mendapat pujian di Toronto International Film Festival / TIFF (http://tiff.net/filmsandschedules/tiff/2011/raid). Selain itu film ini akan dibuat versi Hollywood nya. Mantab… Tambah semangat deh pengen liat filmnya…hehehe

Gambar di atas didapatkan dari http://www.moviepostershop.com/the-raid-movie-poster-2011

Akhirnya, bersama-sama teman PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Canterbury, saya menonton film ini.

SINOPSIS

Film ini murni action, berbahasa Indonesia dan ber-setting di Jakarta. Ceritanya mengenai polisi muda bernama Rama (Iko Uwais) yang tergabung dalam satuan elit di bawah pimpinan Sersan Jaka (Joe Taslim). Satuan ini ditugaskan menangkap bos kriminal, Tama (Ray Sahetapy), yang terkenal sebagai ‘dewa’ bagi para berandal, preman, dan pelaku kejahatan. Tama mempunyai 2 tangan kanan, yaitu Mad Dog (Yayan Ruhian) dan Andi (Dony Alamsyah). Mereka tinggal di sebuah apartemen yang kemudian dijadikan markas, tempat pembuatan narkoba, dan sekaligus ‘safe house’ bagi para kriminil. Tempat ini sudah pernah diserang beberapa kali, tetapi belum pernah berhasil.

Bersama dengan Letnan Wahyu (Pierre Gruno), tim khusus ini mempunyai misi menangkap Tama dan melumpuhkan apartemen nya. Penyerangan yang awalnya terencana berubah menjadi bencana ketika ada seorang penghuni apartemen yang memergoki mereka.

Alur kisah menjadi sangat menegangkan ketika satu-persatu anggota tim dihabisi. Klimaks mulai terjadi ketika ada yang berkhianat di antara mereka dan terkuaknya misi tersembunyi Rama.

KESAN

Kesan pertama saya adalah film ini berasa Indonesia dengan kemasan internasional (hehehe..ya iyalah sutradaranya adalah Gareth Evans, British filmmaker, dan salah satu orang yang bertanggung jawab dengan musik pengiringnya adalah Mike Shinoda, pentolan Linkin Park). Saya suka sekali waktu ada musik pengiring dengan tabuhan gendang di saat Rama sedang ber-jibaku (ber-pencak silat) dengan lawannya. Sangat eksotis.

Lalu, di dalam film ini sama sekali tidak ada adegan seksualitas nya…beda kan dengan film-film Hollywood 😀 (saya jadi penasaran bagaimana Hollywood me-remake film ini, apakah ada adegan-adegan tambahan yang menayangkan unsur seksualitas atau tidak, hehehe).

Warning saya adalah film ini termasuk brutal. Tidak cocok buat anak-anak. Banyak adegan pemukulan bahkan pembunuhan yang diperlihatkan sebagaimana adanya. Jadi no kids, please…

Tetapi yang paling membuat saya berkesan adalah bagaimana saya dan teman-teman lain menahan tawa sambil cekikikan tiada henti karena ada unsur komedi, yang mungkin, hanya orang Indonesia saja yang tahu…’Bule-bule’ yang nonton mungkin jadi bingung ngeliatnya karena kita tertawa di saat adegan yang ditampilkan justru (harusnya) penuh dengan ketegangan 😀

Akhir kata, saya sangat menunggu kelanjutan film ini (yang direncanakan menjadi trilogi). Saya harap film ini bisa menjadi salah satu ‘pembuka jalan’ bagi film-film Indonesia lain supaya bisa menembus pasar internasional, baik dalam pasar festival maupun komersil.

Secara keseluruhan, film ini layak banget untuk ditonton. 5 stars untuk kategori film Indonesia 🙂

PS : oh ya, bagi yang masih penasaran, bisa cek blog sutradaranya (http://theraid-movie.blogspot.co.nz/)

Leave a Reply

